Kisah Tersisa dari Caleg Gagal, Terbelit Utang dan Mau Jual Ginjal


Mediaumat.com- Chandra Saputra masih berjalan tanpa arah. Berhari-hari dia keliling Jakarta, tapi belum juga ditemukan orang yang mau membeli ginjalnya. Ini upaya terakhirnya mendapatkan uang. Hidupnya terpuruk setelah niatnya jadi pejuang hak-hak rakyat dengan menjadi caleg kandas. Kini Chandra harus menanggung utang yang tidak sedikit.


Modal kampanyenya untuk maju sebagai caleg dari Partai Demokrat dengan nomor urut 7 dari Dapil IV Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, didapatnya dari meminjam. Dana sebesar Rp600 juta habis untuk kampanye. Sebagian besar berupa pinjaman dari berbagai pihak, termasuk rentenir.


“Harus bagaimana lagi. Saya sudah tak punya jalan keluar lagi. Waktunya sudah mepet. Kalau telat bayar ke rentenir saya bisa terjerat kasus hukum. Jual ginjal yang terpikirkan,” ujarnya saat ditemui VIVAnews di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta Pusat, Rabu sore, 14 Mei 2014.


Chandra bertekad keliling Jakarta untuk mencari pembeli ginjal. Sehari-hari dia terpaksa tidur di Masjid Sunda Kelapa dengan puluhan perantau lain yang tidak memiliki tempat tinggal di Jakarta. Berbekal dari iklan yang membutuhkan ginjal, Chandra mendatangi alamat dan menghubungi nomor telpon yang tertera pada iklan itu. Tapi hasilnya nihil, banyak alamat yang tidak jelas dan nomor telepon yang tidak bisa dihubungi.


Selain itu, modal Rp3 juta untuk hidup di Jakarta juga sudah habis. Dengan harapan mendapat pertolongan tuhan, Chandra membagi-bagikan sebagian uangnya untuk beberapa orang yang ikut menginap di Masjid Sunda Kelapa.


“Saya ingat bukunya Pak Ustadz Yusuf Mansyur. Kalau sedekah katanya tidak akan ada rezeki yang hilang,” katanya.


Memasuki hari ke-9 di Jakarta, uang bekal Chandra menipis. Dari Rp3 juta hanya tersisa Rp20 ribu, dan untuk makan dia terpaksa menjual pakaiannya. Dari dua tas penuh, sekarang tinggal tujuh helai saja.


Keputusan Chandra untuk bersedekah ternyata tidak sia-sia. Niatannya untuk mengunjungi Dahlan Iskan untuk sekadar meminta informasi ternyata malah menjadi awal mula solusi untuk segala masalah hidupnya.


“Alhamdullilah dari sedekah, saya bisa dibantu Pak Dahlan,” katanya. Rabu subuh, 14 Mei 2014, Chandra mengunjungi rumah dinas Dahlan Iskan di kawasan Widya Chandra, Jakarta Selatan. Ia menjumpai menteri BUMN itu saat sedang melakukan rutinitas olahraga lari pagi.


“Setelah salat Subuh, saya langsung ke rumah Pak Dahlan. Alhamdulillah ketemu beliau sedang lari pagi,” katanya.


Chandra tidak ingin mengemis dan dikasihani. Dia hanya ingin tanya di mana tempat menjual ginjal di Tiongkok. Tapi Dahlan justru terkejut, apalagi karena Chandra ingin menjual ginjal akibat utangnya menumpuk setelah gagal jadi caleg. Dahlan bersedia membantu Chandra tanpa melihat statusnya sebagai caleg Partai Demokrat. Dahlan tidak rela Chandra harus menggadaikan ginjalnya hanya demi melunasi utang.


Dahlan kemudian mengajak Chandra berdiskusi. Ia mencoba memetakan masalah dan menjabarkan utang-utang yang dimiliki Chandra. Dahlan bahkan tak menghadiri rapat pimpinan (rapim) di Kementerian BUMN pada pukul 07.00 WIB.


Selesai berdiskusi selama kurang lebih 3 jam, masalah pun terpetakan. Dari diskusi itu diketahui bahwa utang Chandra bisa dikelompokkan ke dalam 3 kategori besar. Utang Rp420 juta terdiri dari utang kepada rentenir Rp85 juta, pinjaman politisi Rp210 juta, modal dari tim sukses Rp125 juta.


“Yang terancam diperkarakan oleh hukum bila tidak dibayar minggu depan itu yang pinjaman dari rentenir. Pak Dahlan bersedia membantu melunasi dulu utang yang itu,” katanya.


Chandra lebih tenang. Ia menanti hari Senin, tanggal 19 Mei 2014, untuk kembali pulang ke Pekalongan dengan membawa pertolongan yang Dahlan berikan. Hingga Senin tiba, ia mengaku akan tetap tinggal di Masjid Sunda Kelapa untuk terus beribadah kepada Allah SWT.


Ia pun berencana menyempatkan diri mengunjungi beberapa rekannya yang berada di Jakarta. Usai pengalaman pahitnya ini, Chandra mengaku ia kapok terjun ke dunia politik. Chandra menuturkan tidak lagi punya ambisi untuk kembali mencalonkan diri menjadi anggota dewan. Politik telah memperlakukannya sangat kejam.


“Setelah pencalegan ini saya malah banyak kehilangan teman dan saudara. Ada yang kawan jadi lawan, ada yang malu tidak mau dihubungi karena telah gagal meloloskan saya. Putus tali silaturahmi saya. Harta habis,” ujarnya menutup wawancaranya dengan VIVAnews sore itu.


Banyak Caleg Stres


Tidak hanya harta. Waktu dan tenaga yang sudah dicurahkan untuk menjadi caleg sudah tidak bisa kembali lagi. Selain rasa malu, tidak ada lagi yang mereka miliki. Akhirnya hilang akal sehat. Mereka mengalami depresi dan terganggu jiwanya.


Berbeda dengan Chandra Saputra, sebanyak 10 calon anggota legislatif yang gagal lolos sebagai anggota dewan justru mengalami depresi. Mereka bahkan harus menjalani perawatan medis di rumah sakit jiwa. Puluhan lainnya harus dirawat jalan.


Tiga caleg stres harus menjalani pengobatan di Pondok Pesantren (Ponpes) Bhakti Nugraha Al Islami di Desa Cibitung, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, paska pemilihan legislatif pada 9 April 2014 kemarin.


Dokter Spesialis Kejiwaan RSKJ Soeprapto Bengkulu, dr. Sugiharto Djaja, menyebutkan sejumlah caleg yang telah menjalani rawat jalan atas penyakit depresi yang dialami usai kegagalan di pemilu rata-rata mengalami perubahan perilaku. Terkadang bagi caleg yang sudah terlanjur jatuh miskin akan kesulitan untuk berobat di RSKJ.


“Keluarga harus memberi dukungan kepada caleg tadi, jangan ditambah bebannya dengan menunjukkan emosional saat tahu kekalahan caleg sudah pasti. Segera berobat atau konsultasi, lamban saja ini ditangani akan berakibat fatal bagi anggota keluarganya,” ujar Sugiharto.


Seorang caleg PPP dari Bondowoso, Jawa Timur, yang gagal menjadi anggota dewan marah. Dia menutup akses jalan menuju Desa Brambang Daru Salam, Telogosari. Dia kecewa karena mendapatkan sedikit dukungan suara. Dia menutup jalan dengan bambu dan material lainnya.


Penutupan jalan dilakukan sang caleg bersama keluarganya. Diketahui, jalan yang digunakan warga selama bertahun-tahun itu berada di lahan miliknya. Sang caleg merasa sakit hati karena sebelumnya tokoh masyarakat di desa itu sepakat memilihnya.


Karena akses jalan ditutup, masyarakat setempat harus memilih jalan memutar sejauh 7 kilometer yang cuma bisa diakses dengan berjalan kaki. Si caleg yang tetap bersikukuh menutup jalan hingga lima tahun ke depan.


Hal serupa juga dilakukan seorang caleg DPRD Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Dia mencopot lampu penerangan jalan. Tak cuma itu, caleg dari Partai Demokrat ini juga menarik kembali bantuan, berupa bahan material bangunan seperti batu, pasir dan lainnya yang diperuntukan bagi pembuatan sarana fisik berupa jalan di Dusun Babakan, Desa Saguling, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.


Berdasarkan keterangan dari sejumlah warga, lampu penerangan diduga dicopot kembali oleh sang caleg usai pencoblosan. Aksi itu sempat menuai protes dari warga yang mengaku dirugikan. Sebab, saat pemasangan lampu penerangan jalan juga melibatkan seluruh warga.


Warga menduga pencopotan lampu dipicu dari perolehan suara si caleg di TPS tidak sesuai target. Dia hanya mendapatkan 20 suara, sedangkan lawan politiknya dari parpol lain memperoleh 50 suara.


Seorang caleg perempuan di Purbalingga, Jawa Tengah, mengalami stres yang berlebihan. Dia merasa kampanye masih berlangsung hingga beberapa hari usai pemungutan dan penghitungan suara. Selama lima hari, dia terus-menerus berpidato.


Keluarganya mulai menangkap gelagat aneh. Mereka lalu membawa calon legislatif (caleg) gagal ini ke Panti Rehabilitasi Mental dan Jiwa H Supono Mustajab di Desa Bungkanel, Kecamatan Karangayar, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Dia mengaku sudah menghabiskan uang Rp100 juta. Tapi dia tak terpilih sebagai caleg.[]


Sumber: Vivanews 15052014


Source: http://ift.tt/1n4gcua


Category: frontpage


1 Response to "Kisah Tersisa dari Caleg Gagal, Terbelit Utang dan Mau Jual Ginjal"

  1. Selamat siang semuanya,
    Jual ginjal dan selamatkan hidup dan dapatkan uang, saya dokter alex dengan nama a
    neughrogist
    dalam Pembelian Ginjal, Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda untuk menyelamatkan nyawa?
    mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan harga yang bagus sehingga Anda
    dapat membayar hutang Anda? Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual ginjal Anda
    600,000.00 $ ke atas. Semua donor yang tertarik harus menghubungi tim kami
    informasi lebih lanjut melalui e-mail: dralexspeciallist@gmail.com Atau apa
    aplikasi?
    2348162029187 Pastikan Anda tidak ragu untuk menghubungi kami seperti yang kami mau
    Yakin pastikan kami bekerja dengan Anda dan juga Kami akan memastikan bahwa Anda
    nikmati berbisnis dengan kami

    Email: dralexspeciallist@gmail.com

    BalasHapus

Bagaimana menurut kamu??? hmmmmmmmm @_^;