Wajib baca: Tren teknologi di Indonesia tahun 2014

Jakarta meetup

Dari kiri – Andi S. Boediman (direktur Ideosource), Natali Ardianto (founder Tiket.com), dan Enricko Lukman (blogger Tech in Asia)


Minggu lalu, kami mengadakan meetup pertama kami untuk tahun 2014 di Jakarta. Dalam Jakarta Meetup yang diadakan di Auditorium Microsoft ini, kami menghadirkan direktur Ideosource, Andi S. Boediman, serta founder Tiket.com sekaligus inisiator komunitas startup di Jakarta, StartupLokal, Natali Ardianto, untuk mendiskusikan tren teknologi di tahun 2014.


Dimoderasi oleh Enricko Lukman dari Tech in Asia, kedua narasumber memberikan pandangan mereka mengenai apa yang terjadi di industri mobile dan e-commerce Indonesia. Keduanya kemudian membahas ranah investasi di negara ini dan memberikan prediksi apa yang akan terjadi pada ekosistem teknologi Indonesia di tahun 2014 ini.


Bagi Anda yang tidak menghadiri meetup tersebut, kami punya video untuk sesi meetup ini. Kami juga merangkum beberapa hal penting yang menjadi sorotan:




  • Enricko memulai diskusi dengan rangkuman singkat mengenai apa yang terjadi di ranah teknologi Indonesia di tahun 2013, dan kemudian meminta kedua panelis untuk memberi tahu apa yang menjadi sorotan mereka di tahun 2013 lalu. Natali mengatakan bahwa ia melihat adanya pertumbuhan besar pada jumlah transaksi online, dan itu memperlihatkan bahwa masyarakat sekarang lebih mau melakukan transaksi secara online. Andi mendukung pendapat itu dengan menjelaskan bahwa e-commerce di Indonesia tahun ini mendapatkan banyak traksi.




  • Berdasarkan pengamatannya, Natali menjelaskan tingkah laku konsumen Indonesia. Satu hal yang bagus dari konsumen Indonesia ialah mereka sangat loyal. Dan jika sebuah startup bisa mengajak mereka untuk melakukan transaksi secara online dan mereka puas akan pelayanannya, kemungkinan besar mereka akan kembali untuk bertransaksi lagi. Berhubung masyarakat Indonesia jarang mempercayai website atau toko online, mereka akan langsung loyal ketika mereka percaya akan sebuah website.




  • Fokus pada industri mobile, Andi mengajak developer aplikasi untuk mengincar pasar global ketimbang hanya mengincar pasar Indonesia. Ia mengatakan bahwa perusahaan asing, terutama China, sangat serius untuk masuk ke pasar Indonesia. Sulit jika hanya berfokus pada Indonesia, terutama dengan adanya perusahaan web lain yang juga mengincar pasar Indonesia. Natali menyarankan pelaku e-commerce yang ingin menjual produknya secara mobile untuk membuat aplikasi mobile, bukan website versi mobile. Ia mengatakan bahwa aplikasi bisa menghasilkan lebih banyak transaksi dan pencarian karena lebih mudah digunakan.




  • Andi maupun Natali setuju bahwa meniru dan melokalisasi startup yang sukses di luar sana bukanlah sebuah masalah. Lebih baik meniru dan menjadi sukses daripada mencoba membuat sesuatu yang baru tapi tidak sukses. Lagipula, perusahaan lain atau perusahaan itu sendiri nantinya juga akan membawa mode bisnis yang sukses tersebut ke Indonesia. Jadi sebelum itu terjadi, lebih baik startup meirunya karena pasarnya sudah siap.




  • Untuk tahun 2014 ini, Natali dan Andi memprediksikan bahwa industri e-commerce akan menjadi sangat besar di Indonesia. Jadi, mereka mengajak semua orang untuk langsung memulai bisnis mereka dan tidak menunggu investor. Natali pun menambahkan bahwa startup bukan hanya sekedar teknologi, melainkan sebuah bisnis. Memikirkan network dan model bisnis lebih penting daripada hanya memikirkan platform yang akan digunakan. Ia mengajak entrepreneur untuk tidak khawatir apakah mereka akan mengambil pangsa pasar orang lain, karena pangsa pasar di Indonesia masih sangat besar. Selain itu, ekosistem di Indonesia sendiri saat ini sudah siap.




  • Natali menekankan bahwa tahun 2015 akan menjadi tahun dimana industri teknologi Indonesia menjadi matang. Dan kita hanya punya waktu satu tahun untuk mempersiapkan diri untuk itu.




Masih ada banyak informasi dan data penting lain yang diperlihatkan dan diberitahu pada sesi meetup ini. Untuk selengkapnya, saksikanlah video dibawah ini:


Anda juga bisa menyaksikan video-video meetup lainnya di sini.


Source: http://ift.tt/1c38zxB






via HeniPutra.Net http://ift.tt/1btVTmp

0 Response to "Wajib baca: Tren teknologi di Indonesia tahun 2014"

Posting Komentar

Bagaimana menurut kamu??? hmmmmmmmm @_^;