Strategi Baru Panasonic


PLASADANA.COM – Bagi Panasonic Corporation, masa emas bisnis televisi dan perangkat elektronik rumah tangga sudah lewat. Produsen asal Jepang itu kini tengah berkonsentrasi pada lini bisnis baru, di mana nama mereka kurang begitu dikenal.


Wall Street Journal mengabarkan, Panasonic kini menggarap bisnis suku cadang otomotif, panel surya, serta sistem hiburan di pesawat terbang. Selama beberapa dekade, tanpa banyak diketahui publik, Panasonic berhasil merebut pangsa pasar di segmen produk semacam ini.


Sepanjang Januari-September 2013, produk elektronik tradisional Panasonic seperti televisi, kamera digital, serta perangkat rumah tangga lainnya hanya menyumbang 37 persen total penjualan. Sedangkan suku cadang otomotif dan bangunan (termasuk panel surya, sistem navigasi mobil, serta baterai ion litium) bisa berkontribusi hingga 60% persen.


Manajemen Panasonic memperkirakan pendapatan dari produk-produk mencapai dua kali lipat ketimbang barang elektronik tradisional. Apalagi bisnis televisi Panasonic sudah memudar. “Dulu, televisi plasma mendominasi citra Panasonic. Tapi sekarang kami mesti mengubah citra itu,” kata Presiden Panasonic, Kazuhiro Tsuga.


Di bawah kepemimpinan Tsuga, Panasonic tidak lagi memproduksi panel layar plasma. Sebab pendapatan dari produk sudah berada dalam zona merah alias tidak lagi menguntungkan sejak 2009. Karena itu, manajemen Panasonic memilih untuk bermain di segmen produk yang kurang menonjol di mata publik dan tidak dimainkan para pesaing.


Kini kesuksesan Panasonic bergantung pada kemampuannya untuk melakukan transisi bisnis dengan mulus. Panasonic memang wajib beralih dari produsen perangkat keras, menjadi penyedia teknologi berbasis software yang menghubungkan mobil, rumah, dan pesawat via Internet.


Tsuga mengatakan bisnis otomotif, panel surya, serta penerbangan berhasil sukses berkat strategi tertentu. Siasat itu adalah memanfaatkan kekuatan merk serta mengerahkan sumber daya manufaktur perusahaan secara total. Dan barang-barang baru ini pun masih mengadopsi teknologi barang elektronik rumah tangga khas Panasonic. “Kami dalam posisi unik, karena telah memahami selera konsumen.”


Penulis: Peppy Ramadhyaz



Source: http://ift.tt/1kPTxkI






via HeniPutra.Net http://ift.tt/1e2lBv3

0 Response to "Strategi Baru Panasonic"

Posting Komentar

Bagaimana menurut kamu??? hmmmmmmmm @_^;