Ingin cari rekomendasi dokter dan cek gejala penyakit online? Pilih Dokter jawabannya

Pilih Dokter homepage

Di Indonesia, malpraktek adalah sesuatu yang biasa terjadi, dan lambat laun menjadi alasan mengapa sebagian masyarakat enggan berobat ke rumah sakit atau mencari dokter kecuali ada teman yang merekomendasikan dokter atau rumah sakit tertentu. Salah satu yang menjadi penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap kesehatan dan penyakit yang dideritanya, dan tidak adanya tempat untuk mencari dokter yang tepat dan berkualitas.


Kedua masalah itulah yang coba dipecahkan oleh Pilih Dokter. Website yang diluncurkan pada tanggal 11 Desember tahun lalu ini didirikan oleh beberapa nama berpengalaman: Irwan Hartanto yang pernah bekerja di Silicon Valley dan pernah menjadi assistant vice president di Bank of America, direktur Mayapada Hospital Grace Tahir, dan Ronald Kumalaputra yang menjalankan Bao Bao Express, sebuah perusahaan minimarket.


Cari dokter Anda


Irwan mengatakan bahwa di Indonesia terdapat 150.000 orang dokter. Namun, hanya beberapa ratus orang saja yang terekspos dan dikenal oleh masyarakat, sedangkan sisanya tidak. Website ini mencoba memecahkan masalah tersebut dengan menyediakan database dokter yang dibuat oleh dokter itu sendiri pada menu ‘Pilih Dokter’.


Pada menu ini, Anda bisa menemukan profil dokter yang berada di kota yang sama dengan Anda, berada di rumah sakit tertentu, dan mungkin yang paling penting, menangani penyakit yang Anda derita. Pada halaman profil dokter, Anda bisa melihat alamat, nomor telepon, tempat tinggal, alamat email, serta profil singkat yang ditulis oleh sang dokter itu sendiri. Di bagian bawah juga tersedia riwayat pendidikan, pengalaman organisasi sang dokter, jadwal dan tempat praktek, serta tulisan yang dibuat oleh sang dokter pada blog Pilih Dokter. Bukan hanya itu, Anda juga bisa melihat berapa orang yang merekomendasikan dokter yang bersangkutan, memberi komentar mengenai dokter tersebut, dan melaporkan keluhan melalui fitur yang tersedia.


Anehnya, setelah mencoba, saya tidak mengerti bagaimana cara merekomendasikan seorang dokter. Kami akan memberi tahu jika mendapat informasi lebih lanjut.


Selain dokter, Anda juga bisa mencari informasi rumah sakit melalui menu pilih rumah sakit. Setelah memasukkan kategori kota serta departemen yang dicari, dan/atau memasukkan nama rumah sakit, Anda bisa membuka profil rumah sakit dan melihat alamat, nomor telepon, dan email rumah sakit, serta daftar dokter yang praktek di sana beserta jadwalnya, fasilitas, spesialisasi, dan juga profil lengkap mengenai rumah sakit tersebut. Anda juga bisa menilai rumah sakit tersebut dari berbagai aspek yaitu fasilitas, pelayanan, parkir, dan kebersihan.


Sayangnya, banyak profil yang tidak lengkap dan hanya berisikan email, alamat, dan nomor telepon. Profil dokter malah kebanyakan hanya berisikan email dan kota domisili, bukan alamat praktek lengkap. Semua itu dapat dimengerti berhubung umur sang startup yang masih di bawah dua bulan.


Kenali tubuh dan penyakit Anda


Pilih Dokter cek gejala


Pada website ini, Anda bisa menambah pengetahuan Anda mengenai kesehatan dengan membaca artikel yang tersedia pada menu berita dan blog. Artikel pada menu berita ditulis oleh tim Pilih Dokter sendiri, sedangkan artikel pada menu blog ditulis oleh dokter yang terdaftar pada website Pilih Dokter.


Tapi, fitur yang paling menarik bagi saya ada pada menu cek gejala penyakit. Anda akan diberikan sebuah model tubuh manusia (Anda bisa memilih untuk pria maupun wanita), dan memilih bagian tubuh yang sakit atau mengalami gejala penyakit. Anda kemudian akan mendapat daftar gejala atau keluhan yang mungkin terjadi dan tinggal memilih sesuai dengan keluhan yang Anda alami. Pilih Dokter secara otomatis akan memberitahu apa yang Anda derita. Ketika meng-klik penyakit yang muncul, Anda akan mendapat informasi lengkap mengenai penyakit tersebut mulai dari definisi, gejala, penyebab, sampai cara penanggulangannya. Dan jika tersedia, Pilih Dokter akan merekomendasikan dokter yang cocok untuk menangani penyakit tersebut dan juga obat yang cocok untuk menanggulanginya, dan langsung membeli obat tersebut secara online di website Pilih Dokter.


Website Pilih Dokter masih sangat baru. Selain masih berada dalam versi beta, profil dokter dan rumah sakit pada website ini masih harus dilengkapi. Dokter yang sudah mendaftarkan diri pada database ini masih kurang dari 1.000 orang. Tapi, saya sendiri menyukai semua fitur yang disediakan website ini. Dan menurut saya website ini bisa mengatasi kedua masalah yang saya sebutkan sebelumnya.


Selain Pilih Dokter, nama lain yang juga berkecimpung di dunia kesehatan di Indonesia antara lain TanyaDok, TipsDokter, Aibilities, dan MeetDoctor.


(Diedit oleh Enricko Lukman)


Source: http://ift.tt/1kQs3eI






via HeniPutra.Net http://ift.tt/Lxdgsu

0 Response to "Ingin cari rekomendasi dokter dan cek gejala penyakit online? Pilih Dokter jawabannya"

Posting Komentar

Bagaimana menurut kamu??? hmmmmmmmm @_^;