10 Tahun Pertama Facebook dalam 10 Update Status


Reuters


Oleh Brian Heater


Apakah Anda ingat tentang ulangtahun sebelum ada Facebook? Pada dekade sebelumnya, situs ini lahir dari sebuah ruang asrama yang sederhana kemudian berkembang menjadi situs raksasa internasional. Situs ini kini memiliki peranan dalam hampir seluruh kehidupan kita. Menurut statistik dari mereka sendiri, mulai dari akhir 2013 Facebook memiliki sekitar 757 juta pengguna aktif harian dan 1,23 miliar pengguna aktif bulanan. Sekitar 17 persen dari populasi bumi menggunakan situs tersebut setidaknya sebulan sekali.


Dalam rangka memperingati 10 tahun berdirinya Facebook, kami mengurai kembali 10 dari momen-momen terbesar situs ini dalam bentuk update status. Karena begitulah cara kita melakukan banyak hal saat ini.

Update pada 4 Februari 2004: Facebook secara resmi diluncurkan di thefacebook.com Jejaring sosial ini berakar dari Facesmash, versi Hot or Not yang berbasis di Harvard, situs yang meminta para mahasiswanya untuk membandingkan gambar dari teman mahasiswi mereka yang dicuri dari facebook (buku mahasiswa) online sekolah.


Setelah menarik ratusan pengguna dalam beberapa jam, Jesse Eisenberg Mark Zuckerberg, pencipta dari situs tersebut, hampir diusir karena ulahnya tersebut. Peluncuran Thefacebook itu menyebabkan programmer muda ini kembali membawa mereka dalam masalah ketika tiga senior menuduhnya mereka dan meluncurkan layanan saingan, hingga akhirnya permasalahan tersebut berakhir dalam penyelesaian senilai 300 juta dolar Amerika (sekitar Rp3,63 triliun) dan film David Fincher yang cukup solid.


Update pada Maret 2004: Facebook melakukan ekspansi ke luar Harvard, ke beberapa kampus yang sama bergengsinya, seperti Columbia, Stanford dan Yale. Mereka terus bergerak ke sekolah-sekolah yang lebih bergengsi, yang sebagian besar masuk dalam Ivy League (asosiasi 8 universitas terkemuka AS). Kemudian pada Mei 2005, jejaring sosial tersebut dibuka untuk lebih dari 800 kampus.


Update pada Juni 2004: Pemilik Napster, Sean Parker, mengambil alih kendali, dengan menawarkan sedikit pengawasan “orang dewasa” sebagai presiden dari jaringan tersebut. Di bulan yang sama juga Facebook sepenuhnya masuk dalam kawasan Sillicon Valley: pendiri bisnis e-commerce internasional PayPal, Peter Thiel, mengakuisisi 10 persen saham Thefacebook dengan nilai 500.000 dolar Amerika (sekitar Rp6,1 miliar), dan perusahaan tersebut memindahkan operasinya ke Palo Alto.


Update pada September 2005: Setelah menaklukan kampus, Facebook berkembang menjadi lebih sosial lagi – dan lebih muda. Beberapa bulan setelahnya, akhirnya Facebook mendapatkan domain Facebook.com dengan harga 200.000 dolar Amerika (sekitar Rp2,4 miliar), situs tersebut dibuka untuk jaringan sekolah menengah. Setahun kemudian, Facebook kembali memperluas jaringannya, dengan secara resmi menciptakan versi sekolah menengah dari situs tersebut dan membukanya untuk semua pengguna berusia 13 tahun ke atas dengan memasukkan alamat email.


Update pada oktober 2005: Facebook meluncurkan aplikasi Photos, yang salah satu keunggulannya adalah memiliki kapasitas penyimpanan foto tidak terbatas yang belum pernah ada sebelumnya. Pada 2007, situs tersebut memiliki pengunjung lebih banyak setiap bulannya dibanding layanan foto lainnya, dan pada 2008, Facebook menampung lebih dari 10 miliar foto.


Update pada 26 April 2006: Facebook untuk ponsel diluncurkan, memulai sebuah jalan yang akan menentukan jalur dari layanan tersebut selama beberapa tahun ke depan. Pada 2008 situs akan meluncurkn aplikasi iPhone pertamanya, dengan aplikasi pertama untuk Android diluncurkan setahun setelahnya. Semua pekerjaan itu akhirnya mencapai puncaknya pada Januari 2013, ketika pengguna seluler aktif harian Facebook melampaui orang-orang yang menggunakannya di web untuk pertama kalinya. Berita yang cukup besar bagi Zuckerberg untuk menyatakan bahwa jejaring sosial tersebut kini menjadi “sebuah perusahaan mobile”.


Update pada 24 Oktober 2007: Setelah beberapa tahun beredar rumor akuisisi, sebuah perusahaan raksasa teknologi yang memiliki pengaruh besar di dunia teknologi akhirnya melirik aksi yang dilakukan Facebook – atau setidaknya sebagian dari itu. Microsoft mengumumkan pembelian 1,6 persen saham perusahaan dengan nilai 240 juta dolar Amerika (sekitar Rp2,89 triliun). Harga tersebut menempatkan nilai Facebook pada angka yang sangat mengejutkan yaitu 15 miliar dolar Amerika (sekitar Rp181 triliun). Karena baru satu tahun sebelumnya, situs itu dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk menjual perusahaannya ke Yahoo (pengungkapan kami) seharga 1 miliar dolar Amerika (sekitar Rp12 triliun).


Update pada 5 Januari 2008: Jika nilai 15 miliar dolar Amerika (sekitar Rp12 triliun) itu tidak cukup untuk menekankan seberapa jauh perusahaan menjadi besar seperti ini dalam tiga tahun yang singkat, maka ini yang seharusnya dilakukan. Sebulan setelah memiliki 58 juta pengguna, Facebook dan NBC mengumumkan di awal tahun bahwa mereka akan bekerja sama untuk menyelenggarakan debat presiden Partai Republik. Dipandu oleh David Gregory dalam program “Meet the Press”, debat tersebut mengumpulkan pertanyaan untuk para kandidat melalui jejaring sosial tersebut, tapi sayangnya tidak menggunakan akar Hot or Not untuk wacana politik yang serius.


Update pada 9 April 2012: Jika Anda tidak bisa mengalahkan mereka, maka beli mereka. Penambahan aplikasi Photos memungkinkan adanya beberapa pertumbuhan eksponensial dari jejaring sosial tersebut, tapi pada 2012 beberapa pendatang baru menyulitkan layanan berbagi foto milik Facebook itu. Saat dunia finansial menunggu-nunggu penawaran publik perdana (IPO) dari layanan tersebut, Facebook merilis kabar yang benar-benar mengejutkan, dengan mengumumkan bahwa pihaknya telah menggaet Instagram. Akuisisi tersebut merupakan pembelian terbesar yang dilakukan Facebook sejauh ini, dengan harga yang mencapai 1 miliar dolar Amerika (sekitar Rp12 triliun) dalam bentuk saham dan tunai. Zuckerberg tidak terlalu mengharapkan tentang akuisisi selanjutnya di masa yang akan datang, menekankan bahwa pembelian tersebut merupakan instrumen dalam memperkuat pengalaman berbagi foto di situs tersebut.


Update 18 Mei 2012: Setelah beberapa tahun dinanti-nanti oleh Wall Street, Facebook akhirnya melakukan IPO. Ketakutan gelembung ekonomi (perdagangan produk atau aset dengan harga yang lebih tinggi dari nilai fundamentalnya) disadari cukup cepat, ketika harga saham perusahaan anjlok dari angka tertinggi 45 dolar Amerika (sekitar Rp542 ribu) menjadi 38 dolar Amerika (sekitar Rp457 ribu) di hari yang sama, dan terus menyusut selama beberapa bulan setelahnya, hingga mencapai 17,58 dolar Amerika (sekitar Rp211 ribu) pada September di tahun tersebut. Tapi sekarang ini, banyak hal bergerak lebih cerah, dengan harga paling rendah berkisar di sekitar angka 60-an, berkat kinerja solid pada kuartal empat.


Source: http://ift.tt/1nSkUwN






via HeniPutra.Net http://heniputra.net/10-tahun-pertama-facebook-dalam-10-update-status.html

0 Response to "10 Tahun Pertama Facebook dalam 10 Update Status"

Posting Komentar

Bagaimana menurut kamu??? hmmmmmmmm @_^;