Kata Khofifah Pemimpin Harus Amanah, Kalau yang Gemar Ingkar Sumpah?



Sabtu, 31/05/2014 08:50:06 | Dibaca : 91


Jokowi saat berkunjung ke rumah Khofifah di Surabaya


Jakarta (SI Online) – Ketua Umum PP Muslimat Nahdlatul Ulama Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan syarat penting yang harus dimiliki pemimpin agar negara bisa lebih baik. Dia mengatakan seorang pemimpin harus bisa memegang amanah.


“Soal akhlakul karimah, soal karakter itu menjadi bagian penting untuk membenahi negara ini supaya lebih produktif ke depan,” kata Khofifah usai mengadiri acara Rakernas dan Mukernas Muslimat NU, di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, Jumat (30/5/2014), seperti dikutip detik.com.


Khofifah, meski namanya secara resmi tidak masuk dalam Tim Pemenangan Jokowi-JK, tetapi secara pribadi telah diminta Jokowi menjadi Jubirnya dalam kampanye Pilpres sekarang.


Bicara soal amanah, sebelumnya dalam kesempatan yang berbeda, ulama Betawi KH Fachrurozy Ishak sependapat dengan Khofifah.


Menurut Kiyai Fachrurozy, dengan mengutip ungkapan yang disampaikan oleh Amirul Mukminin Ali bin Abu Thalib, tegak dan jayanya suatu bangsa adalah karena empat faktor. Keempatnya adalah adilnya para pemimpin, ilmunya para ulama, murah hatinya orang-orang kaya dan doanya orang-orang fakir.


Pemimpin, kata Kiyai Fachrurozi haruslah adil. Artinya dia dapat bersikap amanah dan benar-benar menegakkan kebenaran. “Yang benar itu benar yang salah itu salah. Ke depan yang harus kita pilih yang amanah,” ungkapnya.


Jika bicara soal amanah, lanjutnya, Joko Widodo yang dicalonkan oleh PDIP dan sejumlah partai pendukungnya menurut Kiyai Fachrurozy termasuk pemimpin yang tidak amanah. Jokowi dinilainya gemar ingkar sumpah.


“Disumpah jadi walikota lima tahun belum lima tahun ditinggal, disumpah jadi gubernur lima tahun belum lima tahun mau ditinggalin, apa mau kita sumpahin saja?,” kata Kiyai Fachrurozy saat deklarasi Presidium Merah Putih di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (14/5/2014).


Karena dinilai tidak amanah itulah, Kiyai Fachrurozy mengharamkan Jokowi untuk dipilih sebagai presiden mendatang. “Saya tidak suruh anda anti (Jokowi). Saya hanya ngasih tahu, kalau dari sudut amanah, Jokowi tidak amanah. Bagi saya haram memilih Jokowi,” tandasnya.


red: shodiq ramadhan




Source: http://ift.tt/1oENDaW


Category: frontpage


0 Response to "Kata Khofifah Pemimpin Harus Amanah, Kalau yang Gemar Ingkar Sumpah?"

Posting Komentar

Bagaimana menurut kamu??? hmmmmmmmm @_^;