Survey Visa : Ecommerce Indonesia Akan Tumbuh 40% Tahun Ini


Mayoritas orang Indonesia dalam melakukan pembelian online / ecommerce, berbelanja produk fashion, kosmetik produk elektronik, tiket pesawat dan paket tour, menurut survey oleh Visa Worldwide Indonesia.


Survey ini mengindikasikan bahwa orang Indonesia menghabiskan rata-rata US$500 per tahun untuk membeli tiket pesawat dan akomodasi, dan sekitar $194 per tahun untuk produk fashion dan kosmetik tahun lalu.


“Tidak ada yang menyangkal bahwa traveling telah menjadi sebuah kebutuhan. Orang selalu membutuhkan liburan di tengah kesibukan dan kerja keras mereka, terutama di kota besar seperti Jakarta” kata Visa president director Ellyana Fuad hari Selasa lalu. “Mirip dengan liburan, fashion dan kosmetik telah menjadi sebuah kebutuhan.”


Survey ini dijalankan tahun lalu sebanyak 516 responden lewat interview dan group discussion di Jakarta, Bandung, Bekasi, Depok (Jawa Barat), Tangerang (Banten), Surabaya (Java Timur), Semarang (Jawa Tengah), Medan (Sumatra Utara), Makassar (Sulawesi Selatan) dan kota besar lainnya.


Responden berusia di atas 18 tahun dan secara aktif terlibat belanja online menggunakan kartu kredit atau debit.


Berdasarkan survey, Visa memperkirakan online shopping di Indonesia akan tumbuh 40% tahun ini dan 53% tahun depan, dari 23% tahun lalu.


“Kami percaya online shopping akan tumbuh tajam di masa depan karena pertumbuhan kelas menengah di Indonesia” kata Ellyana.


Masyarakat kelas menengah membutuhkan efisiensi dalam transaksi bisnisnya jadi mereka akan meng-optimasi koneksi internet untuk berbelanja komoditas atau membayar tagihan. Karena outlook ekonomi sangat bagus, masyarakat kelas menengah Indonesia akan tumbuh dan kebutuhan online shopping akan mengikuti.


Pertumbuhan tajam dalam angka online shopping ditunjang oleh demografi negara Indonesia, kata Ellyana, menambahkan juga bahwa orang Indonesia sebagian besar berusia muda dan aktif dengan usia rata-rata 28.


“Orang muda berbeda dengan orang tua. Orang muda sangat familiar dengan internet dan mereka menggunakannya tidak hanya mengkontak teman tetapi juga berbelanja barang. Ini akan menumbuhkan ecommerce di Indonesia.


Survey ini menunjukkan dari 10 online shoppers, 9 menggunakan personal computer dan laptop ketika mereka melakukan browsing atau belanja online.


“Online shoppers lebih memilih menggunakan PC atau laptop. Mereka cenderung menggunakan ponsel untuk berbagi informasi daripada untuk berbelanja online” kata Ellyana.


Sumber : Jakartapost.com



Source: http://ift.tt/1eVqh81






via HeniPutra.Net http://ift.tt/1mg7B8f

0 Response to "Survey Visa : Ecommerce Indonesia Akan Tumbuh 40% Tahun Ini"

Posting Komentar

Bagaimana menurut kamu??? hmmmmmmmm @_^;