Dua remaja tewas disambar petir akibat bermain handphone

Lightning

Terlalu asyik bermain handphone ketika berada di luar bukanlah sesuatu yang disarankan, terutama dalam cuaca yang buruk seperti hujan badai. Kompas dan Tribunnews melaporkan bahwa hari Rabu lalu, dua orang ditemukan meninggal di daerah Nagan Raya, Aceh akibat tersambar petir ketika memainkan handphone mereka.


Kedua korban, Jauhari dan Syarifuddin yang masing-masing berusia 17 dan 15 tahun, saat itu baru selesai menggarap sawah dan memutuskan untuk beristirahat di sebuah gubuk di tengah sawah sambil menunggu hujan lebat yang disertai petir reda. Sembari menunggu, keduanya diduga memegang dan memainkan handphone mereka masing-masing dan kemudian disambar petir. Warga setempat menemukan mereka tergeletak dengan tubuh yang sudah menghitam dan dua logam berbentuk handphone di masing-masing genggaman tangan mereka.


(Baca juga: Seorang pria di Thailand tertabrak dan tewas karena sibuk bermain game)


Sayangnya, meskipun segera dibawa ke puskesmas, kedua korban tidak bisa diselamatkan nyawanya.


Saya sendiri sempat bertanya-tanya, apakah handphone (atau benda logam apapun itu) yang mereka pegang adalah penyebab utama kejadian ini karena berperan sebagai penghantar, atau mereka memang hanya kebetulan sedang memegang handphone saat petir menyambar.


Sebuah artikel di BBC menjelaskan bahwa secara natural, kulit manusia membuat tiap petir yang hendak menyambar tubuh kita hanya melewati permukaan tubuh dan tidak melukai apapun (proses ini disebut external flashover). Tapi, ketika kulit kita basah/terkena cairan atau memegang benda logam, proses itu tidak akan terjadi dan sengatan tersebut akan masuk ke dalam tubuh serta merusak organ yang ada di dalamnya.


Kesimpulannya, handphone bisa menjadi barang yang berbahaya jika digunakan di luar di tengah hujan lebat, dan meskipun jarang terjadi, kasus seperti ini selalu mengakibatkan paling tidak cedera atau luka serius dan bahkan kematian. Jadi, kami menyarankan Anda untuk berhati-hati dan tidak terlalu asyik memainkan handphone ketika di luar.


(Sumber: Tribunnews dan Kompas)


(Diedit oleh Lina Noviandari)


Source: http://ift.tt/1lc1xAx






via HeniPutra.Net http://ift.tt/1hSAqIv

0 Response to "Dua remaja tewas disambar petir akibat bermain handphone"

Posting Komentar

Bagaimana menurut kamu??? hmmmmmmmm @_^;