Tim berbakat dari We Are Social, perusahaan riset dan pemasaran dari Singapura, kembali mengeluarkan sebuah laporan besar, kali ini menyorot internet, mobile, dan sosial di Asia Pasifik (APAC).
Jika laporan sebelumnya memperlihatkan tren penggunaan internet di seluruh dunia, laporan kali ini memperlihatkan analisis penetrasi internet, penggunaan media sosial via mobile, dan penetrasi mobile di seluruh wilayah Asia Pasifik.
Beberapa sorotan dalam lingkup besarnya antara lain:
- Sejak bulan Oktober 2012, Asia Pasifik sudah memperoleh 150 juta orang pengguna internet baru.
- Selandia Baru, Korea Selatan, dan Australia memiliki tingkat penetrasi internet tertinggi dengan lebih dari 80 persen populasi di negara tersebut memiliki akses internet. Timor Leste, Myanmar, dan Korea Utara (Ya, mereka juga punya statistik untuk negara yang satu ini) memiliki penetrasi internet berturut-turut satu persen, satu persen, dan nol persen.
- Masyarakat Filipina menghabiskan waktu paling banyak di internet dibandingkan dengan negara lain, dengan menghabiskan rata-rata 6,2 jam dalam sehari di depan komputer, dan 2,8 jam sehari melalui perangkat mobile. Masyarakat Korea Selatan, meskipun punya penetrasi internet yang tinggi, tidak menghabiskan banyak waktunya di internet dengan rata-rata menghabiskan hanya 3,5 jam di komputer, dan 1,8 jam di perangkat mobile.
- Taiwan memiliki penetrasi media sosial terbesar di Asia di angka 69 persen, diikuti oleh Brunei, Hong Kong, dan Singapura berturut-turut di angka 67, 61, dan 59 persen. Rata-rata penetrasi media sosial di Asia adalah 35 persen.
- Masyarakat Filipina dan Thailand menghabiskan waktu paling banyak di media sosial, dengan masing-masing menghabiskan waktu rata-rata empat dan 3,7 jam.
Salah satu negara yang disorot dalam slideshow ini adalah Indonesia. Dan dari slideshow ini, tampak jelas bahwa meskipun penetrasi handphone dan smartphone-nya masih terbilang rendah (masing-masing 39,3 persen dan 14 persen), tapi tingkat keaktifan dan keterikatan penggunanya akan perangkat mobile terbilang tinggi. Tiap satu pengguna handphone saja rata-rata memiliki tiga SIM card. Dan di ranah smartphone, meskipun infrastruktur untuk e-commerce dan m-commerce masih terbilang belum memadai, tapi lebih dari 90 persen pengguna smartphone sudah mulai mencari informasi produk melalui smartphone mereka, dan 57 persen dari pengguna smartphone tersebut pernah melakukan transaksi melalui smartphone mereka.
Berikut adalah slideshow lengkapnya:
(Baca juga: Laporan: mayoritas masyarakat Indonesia akses internet lewat perangkat mobile (slideshow)
(Diedit oleh Yasser Paragian)
Source: http://ift.tt/1m9scLS
via HeniPutra.Net http://ift.tt/1m9xszc
0 Response to "Statistik pengguna internet di Asia dan Indonesia (slideshow)"
Posting Komentar
Bagaimana menurut kamu??? hmmmmmmmm @_^;