Project Sarana Air Bersih di Babadan Rampung

DSCN2003 zps7c44fbee Project Sarana Air Bersih di Babadan Rampung

Wakaf


Jumat 11 Muharram 1435 / 15 November 2013 15:19


Project pembangunan sarana air bersih di Babadan, dusun paling puncak Gunung Merapi, akhirnya rampung. Cuuur… air kembali mengalir di kran rumah warga dan masjid di Dusun Trono, Jum’at (8/11). Setelah pipa HDPE diameter 2 inchi sepanjang 600 meter ini berhasil menghubungkan bak penangkap mata air dengan pipa PVC milik warga yang sudah terpasang sebelumnya.


“Pipa jenis HDPE ini meski harganya lebih mahal tetapi lebih kuat di banding pipa PVC ketika ada terjangan lahar dingin,” ungkap Darminto, penanggung jawab project.


Warga mengulurkan pipa dari bak penangkap air di sungai Tlingsing Babadan ke Bak-Bak desa.


Pemasangan pipa HDPE ini sempat tertunda beberapa saat karena pemasok pipa dari kota Solo, Jawa Tengah mengatakan bahwa pipa jenis HDPE ini sedang kosong dan baru tersedia kembali sekitar bulan Januari 2014.


Tidak ingin membuat warga lebih lama mengalami krisis air bersih, BWA pun mencarinya ke tempat lain hingga dapatlah di Bekasi, Jawa Barat. “Dengan menempuh perjalanan selama 21 jam dari Bekasi karena terjebak macet arus lalu lintas liburan akhir pekan, pipa pun sampai di Trono, Ahad (3/11) pukul 21.00 WIB,” ungkap Dedi Prasetiyo, mitra lapang BWA.


Lantaran hujan terus turun hingga Selasa, pemasangan pipa baru bisa dimulai pada Rabu (6/11). Warga dusun Trono dikerahkan seluruhnya untuk bahu membahu melakukan pemasangan pipa. Perjuangan kali ini pun tidak kalah beratnya. Warga harus membawa turun 6 rol pipa HDPE melalui jalan yang sempit dan curam. Berbagai cara pun dicoba, dan semua cara yang digunakan memberikan kisah suka dukanya masing-masing.


Cuaca sedikit mendung dan udara dingin yang menusuk tulang tidak menyiutkan semangat warga. Bahkan hari itu, pengerjaan dilakukan hingga jam 5 sore.


Pipa berhasil terpasang dan mampu mengalirkan air ke rumah-rumah warga.


Keesokan harinya, hanya warga 1 RT yang diterjunkan. Hal ini mengingat pekerjaan tidak seberat hari sebelumnya, melainkan hanya tinggal merapihkan sambungan pipa dan memasang seling pengaman. Setelah beberapa kali dicoba, akhirnya pipa terpasang dengan benar dan seling pengaman terpasang dengan kokoh sebagaimana mestinya.


Alhamdulillah, Jum’at (8/11) air mengalir secara merata ke seluruh rumah di Dusun Trono, yang berjarak sekitar 3 km dari bak penangkap mata air. Warga yang shalat Jum’at di Masjid An Nur Trono pun dapat bersuci dengan leluasa. Karena kini airnya telah mengalir kembali ke dusun bersama mengalirnya pahala tanpa henti bagi para wakif. Aamiin.[]


Cerita lebih lengkap silahkan klik disini!


Redaktur: Wakaf Qur’an


Source: http://www.islampos.com/project-sarana-air-bersih-di-babadan-rampung-86801/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=project-sarana-air-bersih-di-babadan-rampung



0 Response to "Project Sarana Air Bersih di Babadan Rampung"

Posting Komentar

Bagaimana menurut kamu??? hmmmmmmmm @_^;