MERDEKA.COM. Lembaga survei Nielsen menggelar jajak pendapat lewat Internet, mencari tahu aspirasi konsumen di Indonesia soal keinginan membeli mobil.
Hasilnya, tingkat kepemilikan mobil di negara ini salah satu yang terendah sejagat, dengan 46 persen responden mengaku menggunakan moda transportasi lain. Akan tetapi, statistik sekaligus menunjukkan peserta survei amat berminat memiliki mobil dalam waktu dekat.
Responden yang berencana membeli mobil dua tahun mendatang mencapai 63 persen. Di mana 18 persen mengatakan akan membeli mobil bekas. Hanya 19 persen mengaku tidak tertarik beli kendaraan roda empat.
“Hasrat membeli mobil di Indonesia sangat besar. Dibandingkan 16 pasar otomotif dunia yang kami survei, hanya India dan Brasil lebih tinggi dalam soal aspirasi memiliki mobil baru,” kata Executive Director Consumer Insights Nielsen Indonesia Anil Antony di Jakarta, Rabu (16/4).
Di Asia Tenggara, Indonesia merupakan salah satu negara yang respondennya sebagian besar mengaku belum punya mobil. Filipina setingkat lebih tinggi penduduk belum memiliki mobil dengan 47 persen.
Anil menjelaskan, secara global pasar otomotif negara maju seperti Amerika atau Eropa mulai jenuh, dengan 54 persen total responden mengaku sudah punya kendaraan roda empat. Di Asia Tenggara, cuma Malaysia yang mendekati demografi negara maju, 57 persen punya mobil.
Tapi, status Indonesia yang berada di urutan keenam terendah soal kepemilikan mobil justru jadi sinyal bagus buat industri. Selain hasrat tinggi untuk membeli mobil, pertumbuhan kelas menengah Indonesia juga paling menjanjikan, khususnya di Asia Tenggara.
Terbukti, jika ada dana, 96 persen akan segera membeli mobil, sementara 95 persen responden Indonesia akan membeli mobil baru, yang kualitasnya meningkat dari kepunyaan mereka saat ini.
“Artinya dengan kenaikan kelas menengah semakin mendorong aspirasi kepemilikan mobil,” kata Anil.
Survei ini dilakukan secara global di 60 negara lewat kuesioner online sepanjang Agustus-September 2013. Anil mengklaim survei ini mengukur kebiasaan dari pengguna internet, karena mendekati kesesuaian konsumen mobil.
Responden di Indonesia 505 orang, Asia Pasifik 7.078 orang, dan secara global 30.344 responden. Warga tinggal di kota 73 persen, pedesaan 12 persen, sedangkan suburban 15 persen.
Nielsen pun menyimpulkan, calon pembeli mobil di Indonesia, berjenis kelamin lelaki 66 persen, dan perempuan 34 persen.
Topik hangat hari ini:
Gerindra tuding Jokowi mau cuci otak pemilih pemula lewat UN
5 pemain futsal terbaik Eropa
5 Kasus mesum di masjid gerebek warga
Mengutak-atik koalisi Ical di laga Pilpres
Perut tertusuk kayu 5,4 meter, sopir truk di China masih hidup
Sumber: Merdeka.com
Source: http://ift.tt/1l0O0LT
via HeniPutra.Net http://ift.tt/1qIcsAS
0 Response to "Hasrat konsumen Indonesia beli mobil tertinggi ketiga sedunia"
Posting Komentar
Bagaimana menurut kamu??? hmmmmmmmm @_^;