Kata-kata mutiara untuk orang sombong

dp bbm gambar orang sombong

heniputra.biz. Kata-kata mutiara untuk orang sombong


Sebelum membagikan kata-kata mutiara untuk sombong, saya ingin sedikit memberikan pengertian dulu tentang kata sombong, karena dalam kenyataan sehari hari saya sering mendapati ungkapan sombong ini dalam berbagai makna, misalnya saja ketika dijalan kita bertemu dengan seseorang yang sudah kita kenal entah itu teman lama atau teman baru. Pada waktu berpapasan dijalan, kita dalam keadaan tidak melihat mereka. Lalu suatu waktu ketika bertemu disuatu tempat, lalu teman kita itu mengatakan… wah kamu sombong?


atau ketika kita membuat status di Facebook, lalu ada orang yang mengomentari, lalu karena belum sempat balas atau hal lainnya, dia kirim komentar lagi… ihhh sombong banget sih.


atau kita punya teman di Facebook atau apalah yang dulunya saling sapa tetapi kemudian lama nggak nyapa, lalu teman kita itu mengirim pesan, sekarang kamu sombong?


atau ketika kita sedang duduk di pinggir jalan, lalu ada orang lewat dan tidak menyapa, lalu teman sebelah kita bilang, itu orangnya sombong?


Kata-kata sombong dalam frase di atas “wah kamu sombong”, “ih sombong banget sih”, sekarang kamu sombong”, “itu orangnya sombong” memiliki arti cuek, tidak ramah, tidak mau kenal lagi, jutek, kurang grapyak dll yg semakna dengan kurangnya perhatian terhadap orang lain. Ini arti sombong yang pertama.


Adapun arti kata sombong yang kedua bisa berarti membanggakan diri, makna ini bisa kita temukan dari perkataan orang-orang terhadap orang lain yang mereka kenal. Misalnya saja ada orang mengatakan… artis si A itu sombong? Si pemain bola B itu sombongnya nggak ketulungan? Si C itu orangnya sombong abis dll dikarenakan pengalaman yang dia dapatkan ketika bertemua orang tersebut menemukan ada ucapan yang mereka keluarkan itu memiliki kesan membangga banggakan diri, entah itu membanggakan harta, membanggakan kepintaran, membanggakan kecantikan dan ketampanan dll.


Makna sombong terkadang juga tidak digunakan untuk menyebut seseorang yang tidak ramah, juga seseorang yang membanggakan diri, tetapi digunakan untuk menyebut seseorang yang merendahkan orang lain. Misalnya ada yang berkata: “aku nggak bakal dengerin dia, Dia itu goblok, sekolah adja nggak lulus abis gitu miskin lagi”, lalu ada yang berkomentar: “kamu tu jadi orang jangan sombong”, kata sombong dalam ungkapan itu bermakna, janganlah kamu itu merendahkan orang lain.


Lalu makna sombong yang keempat adalah menolak kebenaran. Makna ini bisa dipahami dari hadits Nabi Muhammad SAW: Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu dari Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,


لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ قَالَ رَجُلٌ إِنَّ الرَّجُلَ يُحِبُّ أَنْ يَكُونَ ثَوْبُهُ حَسَنًا وَنَعْلُهُ حَسَنَةً قَالَ إِنَّ اللَّهَ جَمِيلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ


“Tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan sebesar biji sawi.” Ada seseorang yang bertanya, “Bagaimana dengan seorang yang suka memakai baju dan sandal yang bagus?” Beliau menjawab, “Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan. Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain.“ (HR. Muslim)


Dari hadits ini bisa dipahami bahwa larangan sombong menurut syariat adalah larangan untuk merendahkan orang lain dan larangan untuk tidak mau menerima kebenaran alias bertahan dalam kesesatan. Inilah makna sombong yang hakiki yang harus dipegang oleh seorang muslim. Hanya saja dalam kehidupan sehari-hari ungkapan sombong ini jarang dilontarkan, artinya ketika ada seseorang memberi nasehat berupa kebenaran lalu orang yang diberi nasehat menolak dan tetap bermaksiat pada Allah, orang yang menyampaikan kebenaran itu tidak akan bilang… kamu sombong.


Pengertian sombong yang dipilih.

Karena syariat telah memberikan pengertian sombong, maka hendaknya kaum muslim merujuk pengertian sombong menurut syariah, sehingga sebuah aktivitas baik ucapan, tindakan ataupun penampilan tidak perlu dilabeli sombong selama aktiitas itu tidak diniatkan atau ditampakkan untuk merendahkan orang atau dan menolak kebenaran.


Kata-Kata Mutiara untuk orang sombong


“Maukah kamu aku beritahu tentang penduduk neraka? Mereka semua adalah orang-orang keras lagi kasar, tamak lagi rakus, dan takabbur(sombong).“ (HR. Bukhari)


“Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang menyombongkan diri.” (QS. An Nahl: 23)


“Tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan sebesar biji sawi.”


“Sesungguhnya orang-orang yang memperdebatkan tentang ayat-ayat Allah tanpa lasan yang sampai pada mereka tidak ada dalam dada mereka melainkan hanyalah (keinginan akan) kesombongan yang mereka sekali-klai tiada akan mencapainya, maka mintalah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dia Maha Mnedengar lagi Maha Melihat” (QS. Ghafir:56)


“Cukuplah seseorang dikatakan berbuat jahat jika ia menghina saudaranya sesama muslim”


“Kesombongan tidak akan membawa apapun kecuali kehinaan dunia dan akhirat”


“Lebih mudah untuk melawan ribuan orang bersenjata lengkap dibandingkan melawan kesombongan diri sendiri”


“Hal tersulit dalam kehidupan ini bukanlah untuk melampaui orang lain, tetapi melampaui ego dan diri kita sendiri”


“Kesalahan kita yang paling fatal adalah terlalu sibuk mengamati dan mengurusi kesalahan orang lain sehingga lupa diri”


“Tiga sifat manusia yang merusak dirinya sendiri adalah :

1.kikir yang dituruti,

2.hawa nafsu yang diikuti,

3.serta sifat mengagumi diri sendiri yang berlebihan”


“seseorang akan mati dan bukan kekayaan, keturunan, kepintaran yang akan menjadi penolong pada kehidupan selanjutnya, tetapi amal sholeh yang akan menjadi pelindung dahsyatnya hari berbangkit”


“ketika kau merasa dirimu lebih dibandingkan orang lain, cobalah renungkan yang pernah terjadi padamu, bukankah kamu juga pernah berbuat salah dan dosa, jadi… kenapa masih merendahkan orang lain sementara dirimu sendiri juga rendah”


Rubah Sombong dengan Rendah Hati


Kebalikan dari sikap sombong adalah sikap tawadhu’ (rendah hati). Sikap inilah yang merupakan sikap terpuji, yang merupakan salah satu sifat ‘ibaadur Rahman yang Allah terangkan dalam firman-Nya,


وَعِبَادُ الرَّحْمَنِ الَّذِينَ يَمْشُونَ عَلَى الْأَرْضِ هَوْنًا وَإِذَا خَاطَبَهُمُ الْجَاهِلُونَ قَالُوا سَلَامًا


“Hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih adalah orang-orang yang berjalan di atas muka bumi dengan rendah hati (tawadhu’) dan apabila orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik.” (QS. Al Furqaan: 63)


Diriwayatkan dari Iyadh bin Himar radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda,


وَإِنَّ اللَّهَ أَوْحَى إِلَيَّ أَنْ تَوَاضَعُوا حَتَّى لَا يَفْخَرَ أَحَدٌ عَلَى أَحَدٍ وَلَا يَبْغِ أَحَدٌ عَلَى أَحَدٍ


‘Sesungguhnya Allah mewahyukan kepadaku agar kalian bersikap rendah hati hingga tidak seorang pun yang bangga atas yang lain dan tidak ada yang berbuat aniaya terhadap yang lain” (HR Muslim no. 2865).


Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,


مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ وَمَا زَادَ اللَّهُ عَبْدًا بِعَفْوٍ إِلاَّ عِزًّا وَمَا تَوَاضَعَ أَحَدٌ لِلَّهِ إِلاَّ رَفَعَهُ اللَّهُ.


“Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Tidak ada orang yang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah akan menambah kemuliaan untuknya. Dan tidak ada orang yang tawadhu’ (merendahkan diri) karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya.” (HR. Muslim no. 2588)


Sikap tawadhu’ inilah yang akan mengangkat derajat seorang hamba, sebagaimana Allah berfirman,


دَرَجَاتٍ الْعِلْمَ أُوتُوا وَالَّذِينَ مِنكُمْ آمَنُوا الَّذِينَ اللَّهُ يَرْفَعِ


“Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kalian dan orang-orang yang berilmu beberapa derajat “ (QS. Al Mujadilah: 11).


Termasuk buah dari lmu yang paling agung adalah sikap tawadhu’. Tawadhu’ adalah ketundukan secara total terhadap kebenaran, dan tunduk terhadap perintah Allah dan rasul-Nya dengan melaksanakan perintah dan menjauhi larangan disertai sikap tawdahu’ terhadap manusia dengan bersikap merenadahkan hati, memperhatikan mereka baik yang tua maupun muda, dan memuliakan mereka. Kebalikannya adalah sikap sombong yaitu menolak kebenaran dan rendahkan manusia.


Semoga kata-kata mutiara tentang sombong diatas menjadikan pelajaran bagi kita semua.



0 Response to "Kata-kata mutiara untuk orang sombong"

Posting Komentar

Bagaimana menurut kamu??? hmmmmmmmm @_^;